Majelis ta'alim Kelurahan Besulutu

  • Jul 11, 2024
  • Kelurahan Besulutu

Majelis Ta'lim adalah sebuah lembaga pendidikan non-formal Islam yang memiliki kurikulum sendiri dan diselenggarakan secara berkala dan teratur. Majelis Ta'lim berasal dari bahasa Arab, yang terdiri atas dua kata, yaitu majelis (tempat duduk, tempat sidang, dewan) dan taklim (pengajaran). Lembaga ini berfungsi sebagai wadah untuk menyampaikan pesan keagamaan, membangun keakraban di antara jamaah, dan sebagai wadah informasi dan kajian keagamaan serta kerjasama di kalangan umat muslim.

Fungsi Majelis Ta'lim :

  1. Pembinaan Keagamaan: Majelis Ta'lim berfungsi untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT dan akhlak mulia bagi jamaahnya.
  2. Pembentukan Masyarakat Bertaqwa: Majelis Ta'lim berperan dalam membentuk masyarakat yang bertaqwa dengan memberikan pendidikan keagamaan.
  3. Pengembangan Agama Islam: Majelis Ta'lim membina dan mengembangkan agama Islam dalam rangka membentuk masyarakat yang takwa.
  4. Silaturrahmi dan Dialog: Majelis Ta'lim menjadi ajang silaturrahmi yang dapat menghidupkan dakwah dan ukhuwah Islamiah serta sebagai sarana dialog berkesinambungan antara ulama, umara’, dan umat.
  5. Pengembangan Lingkungan: Majelis Ta'lim juga berperan dalam pengembangan lingkungan yang sehat dan bersih, penguatan keluarga sakinah, dan sebagainya.

Majelis Ta'lim dapat didirikan oleh perseorangan, kelompok orang, organisasi kemasyarakatan, lembaga pendidikan, masjid, dan mushala. Pendaftaran majelis taklim dilakukan dengan mengajukan permohonan secara tertulis kepada Kepala Kantor Kementerian Agama atau melalui Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan dan kegiatan ini di adakan setiap malam jumat.